Google Website Translator Gadget

free counters

Minggu, 21 Agustus 2011

Jalan-jalan ke kebun cengkeh ^^

Cengkeh adalah kuntum bunga yang dihasilkan oleh pohon cengkeh, biasanya cengkeh ini digunakan sebagai rempah-rempah untuk makanan. Cengkeh juga digunakan sebagai bahan baku untuk membuat rokok. Tanaman cengkeh ini banyak tumbuh di daerah tropis. Hmm,, kira-kira 19 tahun yang lalu, kakek saya menanam cengkeh-cengkeh ini di sebuah area persawahan keluarga kami di nagari Sungai Pua. Bicara mengenai cengkeh, cengkeh biasanya tumbuh subur dan berbuah pada daerah yang memiliki cuaca yang cukup panas. Tetapi, ternyata cengkeh juga bisa tumbuh subur dan berbuah lebat di daerah kami, yaitu tepat di kaki gunung Marapi yang terkenal dingin dan berhawa sejuk..

Pada hari minggu kemarin, ( 21 Agustus 2011 ) saya, adik dan nenek saya semula hanya berencana memanen pisang yang ada di kebun, tetapi ternyata cengkeh berbuah kembali. Akan tetapi buahnya tidak begitu lebat, karena bukan musimnya. Cengkeh akan berbuah lebat, sekali dalam setahun. Nah, berikut sedikit dokumentasi saya pada hari minggu kemarin :).



Pondok kecil kami, ditengah rimbunan pohon cengkeh.. ;)




hahaa,, manjat buat metik cengkeh :)

Sebenarnya, untuk memetik cengkeh caranya tidak dipanjat seperti ini, karena dengan cara ini lebih cepat merusak tanaman cengkeh itu sendiri. karena ranting-ranting cengkeh itu sangat rapuh dan mudah patah. cara yang baik yaitu biasanya menggunakan tangga , atau bambu yang di tautkan antara pohon cengkeh yang satu dengan yang lainnya, sehingga tidak merusak pohon cengkeh itu sendiri. Saya terpaksa memanjatnya karena buahnya cuma sedikit dan tangga pun tidak tersedia. hehehe


hasil panen hari ini,,



ini contoh cengkeh yang masih muda, belum layak panen



contoh cengkeh yang matang dan layak panen




contoh cengkeh yang sudah tua, dan kualitasnya sudah menurun
(terlambat di panen)




cengkeh yang sudah kering setelah dijemur




diurutkan, mulai dari yang termuda ,, :)






dari sebuah sudut di kebun cengkeh kami

Sedikit berbagi pengetahuan tentang cengkeh untuk sahabat semua, semoga bermanfaat ya.. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar